Pemberdayaan Bahasa Dan Sastra Jawa :: Jalur Keluarga

01.06

Cara Pemberdayaan Bahasa Jawa Dan Sastra Jawa Melalui Jalur Keluarga

Pemberdayaan Bahasa Dan Sastra Jawa Melalui Jalur Keluarga - Sudah cukup lama peran keluarga tidak nampak dalam pemberdayaan bahasa Jawa. Sejak akhir dasawarsa 60-an, era pembangunan materi dicananngkan di negeri ini, seisi rumah sibuk urusan masing-masing; ayah dan ibu bekerja keras untuk meningkatkan kesejahteraan lahir. Berbeda dengan saat pemakalah masih usia kanak-kanak dan remaja, hampir seluruh orang tua (kakek, nenek, ibu dan ayah) selalu menyempatkan diri untuk mendidik budi pekerti melalui dongeng sejarah dan cerita pewayangan; termasuk juga cara berbahasa Jawa yang benar. Semua ini tinggal masa lalu yang indah, yang langka kita jumpai sekarang.
pemberdayaan bahasa dan sastra jawa

Kunci Keberhasilan Pemberdayaan Bahasa Dan Sastra Jawa Jalur Keluarga

Kunci keberhasilan pemberdayaan bahasa Jawa dalam jalur keluarga terletak di tangan ibu anak. Dengan demikian ibu disarankan untuk lebih berperan aktif, tidak sekedar membantu anak untuk mengerjakan PR (pekerjaan rumah) bahasa Jawa. Oleh sebab itu, seyogyanya calon ibu (lingkungan keluarga Jawa) juga dipersiap¬kan benar agar mampu berkomunikasi verbal dalam bahasa Jawa. Agaknya juga perlu mulai dipikirkan adanya penyusunan buku panduan praktis percakapan sehari-hari; antara anak dan anak, antara anak dengan ibu dan/atau bapak sebagai acuan bagi keluarga baru yang mudah dan sederhana. Dalam percakapan yang prakris ini dapat diselipkan hal=hal yang berkait dengan moral sesuai dengan perkembangan jiwa anak. Bentuk-bentuk kuis, dengan mengguna¬kan bahasa Jawa antar keluarga, mungkin dapat diselenggarakan di berbagai media massa dan kegiatan peringatan 17-an. Persoalannya adalah, siapa relawan yang bersedia memulai berani menginvestasikan waktu, tenaga, pikiran, dan modalnya.
Sumber : Bambang Murtiyoso

Jangan lupa baca  pemberdayaan bahasa dan sastra jawa melalui jalur sekolah .
Demikian materi atau makalah tentang pemberdayaan bahasa dan sastra jawa melalui jalur keluarga yang mampu kami rangkum, semoga bermanfaat.
Terima kasih  

Artikel Terkait

Previous
Next Post »