Sejarah Wali Songo Di Indonesia

08.26

Sejarah Wali Songo Sebagai Saluran Islamisasi Di Indonesia

Sejarah Wali Songo Di Indonesia - Jika kemarin admin Dunia Perpustakaan telah menulis tentang Daftar Kerajaan Islam Di Indonesia, Sejarah Perkembangan Islam Di Indonesia , Sejarah Penyebaran Islam .
Mari kita baca artikel ini Sejarah Wali Songo di Indonesia. Walisongo atau Walisanga dikenal sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa pada abad ke 14. Mereka tinggal di tiga wilayah penting pantai utara Pulau Jawa, yaitu Surabaya-Gresik-Lamongan-Tuban di Jawa Timur, Demak-Kudus-Muria di Jawa Tengah, dan Cirebon di Jawa Barat.
Agama Islam tumbuh dan berkembang di Nusantara karena peran  para  pedagang  dan  Tasawuf.  Tasawuf  adalah salah  satu ajaran  dalam  agama  islam.  Ahli  Tasawuf  menyuruh  pengikutnya
lebih  dekat  pada  kegiatan  ibadah  daripada  materi.  Awal  kegiatan penyebaran  agama  islam  di  lakukan  oleh para  pedagang  yang  di nusantara, pedagang dari Arab, Gujarat, Persia datang ke nusantara sambil menyebarkan agama. pada tahap berikutnya agama islam di sebarkan  oleh  di  pesantren  oleh  para  mubaligh.  Beberapa  tokoh islam juga menyebarkan agama melalui seni
seperti arsitektur, seni pahat, seni ukir, seni tari, seni pertunjukan wayang kulit, dll.
http://www.daftarpustaka.web.id/2016/07/sejarah-wali-songo-di-indonesia.html

Daftar Nama Sejarah Wali Songo Yang Terkenal Di Indonesia

Sejarah Wali Songo Di Indonesia
1. Maulana Malik Ibrahim
Beliau  keturunan  Arab,  berasal  dari  Turki.  Datang  ke  Jawa Timur tahun 1379, meninggal
tahun 1419, dan dimakamkan di Gresik.  Selain  menguasai  ilmu-ilmu  agama  secara  mendalam
dan sempurna, Maulana Malik Ibrahim juga ahli dalam bidang tata  negara.  Penyebaran  Islam  secara  halus,  tidak  menentang adat istiadat penduduk asli yang masih memeluk agama Hindu ataupun  Buddha.  Beliau  melakukan  dakwah  di  Pulau  Jawa bagian timur.
2. Sunan Ampel
Sunan  Ampel  berasal  dari  Jeumpa,  Aceh,  dengan  nama  kecil Raden  Ahmad  Ali  Rahmatullah  atau  lebih  dikenal  dengan Raden  Rahmat.  Beliau  datang  ke  Jawa  pada  tahun  1421  M,
menggantikan Maulana Malik Ibrahim  yang wafat tahun 1419 M.  Beliau  mendirikan  pesantren  di  Ampel  Denta,  Surabaya. Sunan Ampel dimakamkan di Ampel Surabaya.
3. Sunan Drajad
Sunan  Drajad  adalah  putra  Sunan  Ampel,  lahir  di  Surabaya, dengan  nama  kecil  Raden Qosim.  Beliau  pencipta  Gending Pangkur,   dan   penyebar   Islam   yang   berjiwa   sosial   dan dermawan. Sunan Drajad dimakamkan di daerah Lamongan.
4.Sunan Bonang
Sunan  Bonang  adalah  putra  Sunan  Ampel,  lahir  di  Surabaya tahun   1465,   dengan   nama   kecil   Raden   Makdum.   Sunan Bonang  wafat  tahun  1525,  dimakamkan  di  Tuban.  Beliau
pencipta Gending Durma.
5. Sunan Giri
Syekh  Maulana  Ainul  Yakin,  dengan  nama  kecilnya  Raden Paku, adalah putra Syekh Maulana
Ishak yang mendirikan pesantren  di  Giri,  sehingga  lebih  populer  dengan
sebutanSunan  Giri.  Sunan  Giri  menyebarkan  agama  Islam tidak  hanya  di  Jawa,  tetapi  juga  ke  pulau-pulau  sekitar  Jawa Timur,  bahkan  sampai  Maluku.  Sunan  Giri  adalah  pencipta Gending  Asmaradana  dan  Gending  Pucung.  Beliau  pencipta permainan   anak-anak yang   berjiwa   Islam,   seperti   Ilir-ilir, Jamuran, dan Cublak-cublak Suweng.
6. Sunan Kalijaga
Nama kecilnya Raden Mas Syahid. Beliau lahir di Tuban, Jawa Timur,  sebagai    putra  Tumenggung  Sahur  Wilatikta,  Adipati Tuban.    Beliau    adalah    seorang    wali,    mubalig,    pejuang, pujangga,  dan  filsuf  yang  berjiwa  besar.  Beliau  menyiarkan agama    Islam    melalui    cerita    wayang.    Sunan    Kalijaga dimakamkan di Kadilangu, dekat Demak.
7. Sunan Kudus
Nama kecil Sunan Kudus adalah Sayyid Ja’far Shodiq, berasal dari  Palestina.  Beliau  datang  ke  Jawa  pada  tahun  1436  M. Daerah   penyebaran   Islam   di   pesisir   Jawa   Tengah.   Beliau
seorang  pujangga,  pandai  mengarang,  pencipta  Gending  Mas Kumambang dan Gending Mijil. Pernah jadi Senapati Kerajaan Islam Demak.
8. Sunan Muria
Sunan  Muria  adalah  putra Sunan  Kalijaga,  dengan nama  kecil Raden  Umar  Said.  Beliau  ikut  mendirikan  Masjid  Demak  dan ikut   membantu   berdirinya   Kerajaan   Islam   Demak.   Beliau
menciptakan   Gending   Sinom   dan   Gending   Kinanti   untuk kepentingan dakwah. Beliau wafat dan dimakamkan di puncak Gunung Muria.
9. Sunan Gunung Jati
Syarif  Hidayatullah  atau  lebih  popular  dengan  sebutan  Sunan Gunung Jati, berasal dari Palestina. Datang ke Pulau Jawa pada tahun 1436 M. Beliau mempunyai nama sangat banyak, antara lain Fatahilah, Muhammad Nurudin, Faletehan, Syah Nurullah, Makhdum Jati,dan Makhdum    Rakhmatullah.Beliau mendirikan Kesultanan Banten dan Kesultanan Cirebon. Sunan  Gunung Jati wafat dan dimakamkan di Gunung Jati Cirebon

Daftar Wali Yang Terkenal Selain Wali Songo 

Selain     Walisanga     yang     mempunyai     pengaruh     luas,  masyarakat  mengenal  pula beberapa  wali  lokal  yang hanya  terkenal ditempatnya. Berikut nama beberapa wali tersebut :
(1)Syekh Siti Jenar atau Syekh Lemah Abang di Demak.
(2)Sunan   Tembayat   dari   daerah   Bayat,   Klaten   yamg   semula
menjabat Bupati di Semarang dengan nama Ki Pandanarang.
(3)Sunan Geseng yang dimakamkan di magelang.
(4)Sunan  Pangggung  yang  merupakan  putra  Sunan  Bonang  yang
menyiarkan Agama di Tegal.
(5)Syekh  abdul  Muhyi  yang  daerah  penyebarannya  agamanya  di daerah Tasikmalaya.
(6)Syakh   Abdurrauf  Al   Fanhury  daerah  penyebarannya  adalah Aceh.
(7)Syekh Yusuf daerah persebaranya adalah di Banten.
(8)Syekh Burhanuddin di Ulakan Minangkabau.

Demikian sedikit artikel tentang Sejarah Wali Songo Di Indonesia yang mampu kami rangkum , semoga bermanfaat . Terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
21 April 2017 21.46 delete

Khasiat Kangkung Untuk Mengobati Bisul di Payudara
Salah satu khasiat kangkung bisa untuk mengobati penyakit bisul di payudara, taukah Anda sobat meskipun bisul bukan termasuk ke dalam penyakit yang berbahaya tapi penyakit yang satu ini bisa menganggu kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu banyak orang yang ingin segera menghilangkan bisul jika mereka mengidap penyakit yang satu ini.

Reply
avatar