Pengertian Kerata Basa :: Contoh Kerata Basa

07.50

Pengertian Kerata Basa

Untuk kali ini admin Dunia Perpustakaan akan mengulas tentang Kerata Basa , jika kemarin sudah kami muat tentang Tembung Saroja , Tembung Garba , mari kita simak materi berikut.
 Kerata Basa , Contoh Kerata Basa

Kerata memiliki  makna  „arti  kata  menurut  penjabaran  suku  katanya‟. Kerata  basa berarti  bahasa  atau  kata  yang dikerata,  yaitu  diartikan  dengan  cara menjabarkan suku kata atau pengucapan kata tersebut. Kerata basasering disebut dengan othak-athik mathuk, yaitu kata yang diotak-atik supaya menjadi ungkapan yang tepat bunyinya. Kerata basa juga disebut dengan
jarwa dhosok, artinya „kata yang  dijabarkan  atau  diartikan  sesuai  kesenangan.

Contoh Kerata Basa

Tuladha
Tegese pisang sawega hanampi  gesang,  risang  pinanganten  kakung  sawega nampi  gesangipun
risang   pinanganten putri”, „Pisang  berarti  bersedia  menerima  hidup,  sang pengantin  laki-laki bersedia menerima hidup sang pengantin perempuan‟. Kata pisang„pisang‟ dikerata atau  diartikan  menjadi hanampi  gesang„menerima hidup‟.

Contoh Krata Basa Lain

1. Kaji: Tekade mung siji (Penjelasan: Orang naik haji tentu saja dengan tekad yang satu, menjalankan rukun Islam yang ke lima)
2. Kodhok: Teka-teka ndhodhok (Penjelasan: Kodhok biarpun berdiri dalam penglihatan manusia pasti jongkok. Habis melompat, ya langsung jongkok
3.Krikil: Keri ing sikil (Penjelasan: Coba saja jalan di krikil, apalagi bagi yang tidak pernah bertelanjang kaki. Pasti terasa geli mengarah ke sakit pada telapak kaki)
4..Kuping: Kaku njepiping (Penjelasan: Ya seperti itulah kuping. Mohon maaf saya tidak bisa mengindonesiakan “njepiping”)
5. Kupluk: Kaku nyempluk (Penjelasan: Kupluk adalah songkok)
6. Kursi: Yen diungkurake banjur isi (Penjelasan: Kalau didorong ke belakang lalu isi). maksudnya lalu diduduki

Demikian sedikit ulasan tentang Pengertian Kerata Basa dan Contoh Kerata Basa yang mampu kami rangkum , semoga bermanfaat . Terima kasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
21 April 2017 21.43 delete

Pengobatan Penyakit Kista Coklat Paling Ampuh dan Aman
Penyakit kista bisa menyerang wanita usia siapa saja meskipun dalam kebanyakan kasus yang ditemukan, kista terjadi pada wanita dewasa. Selain pada wanita dewasa, kista juga sering menyerang wanita yang menjelang masa menopause dan pasca menpause. Kista coklat termasuk ke dalam jenis penyakit yang mematikan dan menjadi salah satu penyakit yang kerap menghantui kaum perempuan.

Reply
avatar