Pengertian Geografi :: Ruang Lingkup Geografi

00.01

Pengertian Geografi Secara Umum Dan Menurut Ahli

Kali ini admin Dunia Perpustakaan akan membahas pelajaran IPA khususnya Pengertian Geografi secara umum dan pengertian geografi menurut ahli .
Pengertian Geografi Secara Umum adalah Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo ("Bumi"), dan graphein ("tulisan", atau "menjelaskan"). (wikipedia)
 Pengertian geografi menurut ahli Nursid Sumaatmadja, Geografi adalah  ilmu  yang  mempelajari  persamaan  dan  perbedaan  geosfer  dengan pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
http://www.daftarpustaka.web.id/2016/07/pengertian-geografi-ruang-lingkup.html

Pendekatan Geografi 

Menurut Bintarto dan Surastopo Hadisumarno ada beberapa pendekataan geografi antara lain :
1. Pendekatan Keruangan
Pendekatan ini mempelajari perbedaan lokasi  mengenai sifat-sifat penting.  Dalam  analisa  keruangan  ini  yang  harus  diperhatikan  adalah penyebaran  penggunaan  ruang  yang  ada,  dan  penyediaan  ruang  yang akan digunakan  untuk  pelbagai  kegunaan  yang  dirancangkan.
Dalam analisa  keruangan  ini  dapat  dikumpulkan  data  lokasi  yang  terdiri  dari
data   titik   (point   data)   dan   data   bidang   (areal   data).   Data   titik digolongkan  menjadi
data  ketinggian  tempat,  data  sampel  batuan,  data sampel tanah dan sebagainya. Data bidang
digolongkan menjadi data luas -alang,dan sebagainya.
2. Pendekatan Kelingkungan
Studi    mengenai    interaksi    antara    organisme    hidup    dengan lingkungan  disebut  ekologi.  Oleh  karena  itu  untuk  mempelajari  ekologi seseorang  harus  mempelajari  organism  hidup,  seperti  manusia,  hewan dan   tumbuhan   serta   lingkungannnya   seperti   hidrosfer,   litosfer,   dan
atmosfer.  Selain  itu  organisme  hidup  dapat  pula  mengadakan  interaksi
dengan organisme hidup yang lain. Pendekatan  ekologi  ini  manusia  tidak  hanya  tertarik  kepada  tanggapan dan   penyesuaian   terhadap   lingkungan   fisikalnya   tetapi   juga   tertarik kepada interaksinya dengan manusia lain yaitu ruang sosialnya.
3.Pendekatan Komplek Wilayah
Kombinasi  antara  analisa  keruangan  dan  analisa  ekologi  disebut komplek  wilayah.  Pada  analisa  sedemikian  ini  wilayah-wilayah  tertentu didekati  atau  dihampiri  dengan  pengertian
areal  differentiation,  yaitu suatu  anggapan  bahwa  interaksi  antar  wilayah  akan  berkembang  karena pada hakekatnya suatu wilayah berbeda dengan wilayah lain, oleh karena terdapat  permintaan  dan  penawaran  antar  wilayah  tersebut.  Pada  analisa sedemikian    diperhatikan  pula  mengenai  penyebaran  fenomena  tertentu (analisa    keruangan)dan    interaksi    antar    variabel    manusia    dan lingkungannya untuk kemudian dipelajari kaitannya (analisa ekologi)

Ruang Lingkup Geografi

Ruang Lingkup Geografi
Menurut Nursid Sumaatmadja Geografi   juga   mempunyai   ruang   lingkup   yang   memberikan
karakteristik   khusus   terhadap   pembelajaran   geografi.   Ruang   lingkup geografi tersebut diantaranya:
a.Alam   lingkungan   yang   menjadi   sumber   daya   bagi   kehidupan
manusia.
b.Penyebaran umat manusia dengan variasi kehidupannya.
c.Interaksi  keruangan  umat  manusia  dengan  alam  lingkungan  yang memberikan variasi terh
adap ciri khas tempat-tempat di permukaan
bumi.
d.Kesatuan   regional   yang   merupakan   perpaduan   matra   darat,
perairan, dan udara di atasnya.


Demikian sedikit ulasan tentang Pengertian Geografi Dan Ruang Lingkup Geografi yang mampu kami rangkum untuk pelajaran siswa kelas VII , VIII , IX , XI , XII.
Semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar