Struktur Iklan :: Jenis Iklan

21.25

Struktur Iklan Dan Jenis Iklan

Jika kemarin Dunia Perpustakaan telah membahas sedikit tentang Pengertian Iklan , jadi apa saja struktur Iklan dan Jenis - jenis iklan itu??
Menurut Kasali struktur  iklan  pada  dasarnya  memiliki  sebuah  bentuk.
Struktur Iklan Dan Jenis Iklan
Struktur Iklan - Bentuk atau struktur iklan  pada  media  cetak  tidak  selalu  sama,  tetapi  kebanyakan   iklan pada media cetak mempunyai bentuk dan urutan sebagai berikut:
1. Headline,
Pengertian Headline atau sering disebut judul adalah bagian  terpenting  dari  sebuah  iklan. Headline tidak  selalu  terletak  pada  awal tulisan, tetapi merupakan bagian pertama yang dibaca orang. Melalui headline pembaca  dapat  mengetahui  iklan  yang  ditawarkan,  meskipun headline tidak selalu  menggambarkan  produk  yang  ditawarkan  secara  jelas.
2. Subheadline,
Subheadline merupakan  bagian  dari  judul  yang  panjang  tersebut,  sehingga subheadline mengikuti.
3. Amplikasi.
Pengertian Amplikasi adalah naskah  atau teks iklan  yang mengikuti headline.Pada bagian
inilah, ditulis hal-hal yang hendak disampaikan kepada calon pembeli dengan lebih rinci.

Jenis - Jenis Iklan

Jenis Iklan Menurut  Nugroho  (1989:  26),  Jenis iklan berdasarkan  bentuk,  penampilan,  dan
penempatannya,  iklan  dalam  media  cetak  dibagi  dalam  beberapa  jenis,  di antaranya :
1. Iklan  baris  dan  iklan  mini,  yang  hanya  memuat  beberapa  baris  kalimat dalam  ruangan  kolom  berukuran  kecil  dan  diklasifikasikan  menurut  jenis produk atau jenis yang ditawarkan.
2. Iklan  blok  atau  iklan display,  yang  menyertakan  gambar  atau  foto  dan hiasan yang menarik dan biasanya berukuran besar.
3. Iklan  buta,   yang  merupakan  iklan  anonim  karena  tidak  menyebutkan identitas pemasangnya.
4. Iklan halaman muka, yakni iklan yang dimuat di halaman depan, umumnya di  surat  kabar,  dengan  tarif  yang  lebih  tinggi  dari  pada  iklan  di  halaman dalam karena lebih cepat terlihat oleh pembaca.
5. Iklan keluarga, kelahiran, pertunangan, perkawinan, atau kematian.
6. Iklan kuping, iklan  yang dimuat didalam boks berukuran kecil di sebelah kiri dan kanan logo (nama) surat kabar.
7. Iklan  muhibah,  iklan  yang  biasanya  dimuat  atau  disiarkan  oleh  media massa dengan kerjasama orang atau lembaga, baik pemerintah atau swasta.
8. Iklan pulau, yakni iklan yang dimuat menyendiri pada suatu halaman koran atau majalah dan dikelilingi berita atau tulisan.
9. Iklan  sponsor,  iklan  berupa  tulisan  yang  sepintas  tampak  seperti  laporan biasa,  tetapi  sarat  dengan  pesan  untuk  mempromosikan  suatu  perusahaan, produk, dan Negara.

Pembahasan Tentang Struktur Iklan dan Jenis Iklan

Dalam  pembahasan penelitian struktur iklan  ini  hanya  memakai  jenis  iklan  blok  atau  iklan display, iklan   blok   atau   iklan   display mempunyai   pengertian   yaitu menyertakan   gambar   atau   foto   dan   hiasan   yang   menarik   dan   biasanya berukuran besar. Dalam iklan display dibagi lagi dalam berbagai jenis, antara lain  iklan  kesehatan,  iklan  otomotif,  iklan  elektronik,  iklan  kecantikan,  iklan makanan, dan iklan telekomunikasi.
Jadi Iklan   sebagai   sebuah   pemberitahuan   sangat   luas   jangkauannya,
meliputi   berbagai   macam   penawaran   barang   atau   jasa   atau   sekedar
pengumuman yang tidak menyangkut kepentingan komersial.

Demikian sedikt artikel tentang Struktur Iklan dan Jenis Iklan yang mampu kami rangkum, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »