Pengertian Saloka :: Contoh Saloka

23.24

Pengertian Saloka Dan Contoh Saloka

Di Dunia Perpustakaan telah banyak membahas karya sastra jawa meliputi Pengertian Parikan , Pengertian Wangsalan , Pengertian Pepindhan , Pengertian Bebasan , Pengertian Paribasan dsbnya .
Mari kita simak materi Saloka berikut untuk menambah pengetahuan kita.
Pengertian Saloka , Contoh saloka , Saloka
Pengertian Saloka Menurut Ahli Jatirahayu adalah ungkapan yang ajeg pemakaiannya, menggunakan  penggambaran   hewan,   barang   atau   keadaan, yang  digambarkan  sifat  manusia,  dan kata   yang   menjadi penggambar perbandingan berada di depan sebagai subjek kalimat.
Pengertian Saloka Secara Umum adalah sebagai kata-kata yang tetap penggunaannya, mempunyai arti kiasan, mengandung pengertian persamaan. Yang dipersamakan adalah orangnya. Sudah tentu watak atau keadaannya juga terbawa, tetapi yang lebih diperhatikan adalah orangnya.

Contoh Saloka Bahasa Jawa dan Artinya Dalam Bahasa Indonesia

  1. Gegayuhan  mono  ditrepake  karo  kekuatan. Lha   yen   kedhuwuren   sengara   kelakon,   cebol nggayuh lintang, ketepang ngrangsang gunung. Artinya Cita-cita   harus   disesuaikan   dengan   kekuatan.  Kalau  terlalu  tinggi,  tidak  mungkin tercapai,  seperti  orang  cebol  ingin  meraih bintang,  bunga  ketapang  ingin  tumbuh di gunung.Jadi Orang  cebol  merupakan  gambaran orang yang serba kekurangan, sehingga kalau  bercita-cita  dengan  tidak  mem-perhatikan  kekurangan  dirinya,  tidak mungkin    dapat    mencapai    cita-cita. Bunga   ketapang   tumbuh   di   dataran rendah  dan  tidak  mungkin  dapat  tumbuh  di  dataran  tinggi  seperti  di  gunung.  Ini  suatu  kemustahilan.
  2. Kebo nusu gudel, artinya Kebo “Kerbau menyusu pada anaknya. Menunjukkan, bahwa orang tua meminta (uang, harta, ilmu) pada anaknya, atau guru yang juga belajar dari bekas muridnya.

Penjelasan Tentang Contoh Saloka

Saloka ini juga bermakna kias.  Perbedaanya dengan
bebasan, saloka memiliki subjek,  sedangkan  bebasan  tidak  memliki  subjek.Estetika
dalam  saloka  mengedepankan  makna yaitu makna konotatif yang melukiskan keadaan
Demikian sedikit artikel tentang Pengertian Saloka dan Contoh Saloka yang dapat kami rangkum , semoga bermanfaat. Terima kasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »