Pengertian Sekretaris :: Syarat Sekretaris Profesional

06.06

Pengertian Sekretaris

Secara umum pengertian sekretaris adalah Kata sekretaris bersal dari kata secret yang artinya rahasia. Jadi tugas-tugas  sekretaris  tidak  lepas  dari  kerahasiaan  perusahaan.  Ini  disebabkan kebijakan awal yang akan dikeluarkan oleh pimpinan atau perusahaan sedikit banyak   akan   diketahui   oleh   sekretaris. Karena  tugas sekretaris adalah membantu pimpinan dalam meringankan tugas-tugasnya.

Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli

A. Pengertian Sekretaris Menurut Betty Hutchinson dan Carol Milano yang dikutip oleh Ursula Ernawati  adalah   seorang   profesional. Sebagai Profesional,  Anda  diharapkan menampilkan  aneka  macam  tangungjawab tugas   kesekretaisan dengan penuh kompetensi,dapat dipercaya dan berkepribadian.
B. Pengertian Sekretaris Menurut Hartiti  Hendarto & Tulus Haryono sekretaris adalah  orang  yang membantu  seseorang,  yaitu  pimpinan dalam  melaksanakan tugas  perkantoran.
C. Pengertian Sekretaris Menurut Saiman sekretaris  adalah  orang  yang  mempunyai  tugas  yang  sangat berkaitan  dengan  kegiatan  tulis  menulis,  atau  kegiatan  catat-mencatat dari suatu kegiatan perkantoran atau perusahaan.
D. Dan Menurut Wursanto,yang dikutip  Saiman  sekretaris  adalah seorang pegawai yang  bertugas  membantu  pimpinan  kantor  dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan detail kepala atau pimpinannya.

Syarat Sekretaris Profesional 

Sebagai syarat sekretaris profesionl yang memegang peranan penting  dalam  membantu  pimpinan menjalankan  tugasnya  dan menyimpan rahasia pimpinan dan perusahaan karena sedikitnya banyak rahasia tersebut diketahui oleh sekretaris untuk bisa selalu menjaga rahasia itu dari siapapun yang berkepentingan terhadapnya, jadi sangat amat penting syarat sekretaris
Syarat Sekretaris Profesional Menurut Rosidah & Ambar Teguh Sulistiyani  antara lain :
1. Syarat Sekretaris Profesional secara pengetahuan, antara lain :
a. Pengetahuan tentang misi, visi, fungsi, tugas-tugas, struktur organisasi dan personil organisasi.
b. Pengetahuan yang berhubungan dengan bidan tugasnya, pengetahuan bahasa baik bahasa Indonesia
maupun bahasa asing jika diperlukan.
c. Pengetahuan bidang administrasi dan manajerial. 
2. Syarat Sekretaris Profesional secara keterampilan, artinya sekretaris disamping dituntun mempunyai pengetahuan juga keterampilan menerapkan pengetahuannya untuk keterampilan kerja. Keterampilan yang dituntut meliputi: Keterampilan berkomunikasi, korespondensi, tata kearsipan dan terampil dalam melakukan aktivitas kerja kantor lainnya.
3. Syarat Sekretaris Profesional kepribadian, yang memegang peranan penting dalam menunjang kerja bahkan untuk hal-hal tertentu prasyaratnya kepribadian lebih dominan dibandingkan prasarat lainnya. Kepribadian yang menarik adalah kepribadian yang dinamis, dewasa, penuh percaya diri, terbuka, penuhrasa tanggungjawab, loyalitas,sopan dan jujur.
Nah kita bisa mengerti syarat sekretaris profesional kan.

Demikian sedikit ulasan Pengertian Sekretaris dan Syarat-Syarat Menjadi Sekretaris Profesional yang mampu kami rangkum.
Untuk anda yang ingin menulis Contoh Surat Lamaran Kerja bisa di Dunia Perpustakaan .
Terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
pradis tiany
AUTHOR
19 Agustus 2015 03.20 delete

Ga sembarangan ya jadi sekretaris. Dulu cita-cita saya jadi sekretaris sampe ambil jurusan adm perkantoran waktu SMK dan kayanya kalo mau tercapai cita-citanya harus lebih keras usahanya nih supaya memenuhi syarat di atas.
Salam,
Sewa kantor Get Realty

Reply
avatar
Giri Kurniadi
AUTHOR
5 September 2015 09.45 delete

Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat angan

Reply
avatar